Friday, August 3, 2012

Resep Membuat Nasi Goreng Enak

Resep Membuat Nasi Goreng Enak

Hampir setiap pagi, saya sarapan dengan nasi goreng. Karena nasi sisa kemarin belum basi, sehingga saya berinisiatif untuk memasak sendiri untuk nasi goreng yang enak. Menu hidangan nasi goreng ini adalah makanan khas Indonesia, karena disamping mudah disajikan makanan ini juga pas disantap kapanpun dan dimanapun. Bahkan lidah seluruh manusia di bumi ini tidak merasakan perbadaan yang berarti dalam merasakan enaknya nasi goreng khas Indonesia
Lalu bagaimanakah cara memasak nasi goreng yang enak dan sehat? Berikut saya akan sajikan bagaimana memasak nasi goreng yang enak dan sehat menurut resep keluarga saya dari turun temurun, semoga resep ini bermanfaat untuk Anda, khususnya yang lagi ngekos dan pemula/calon istri yang ingin belajar masak-memasak;
  • Alat dan Bahan untuk Membuat Nasi Goreng Enak;
  1. Kompor
  2. Wajan
  3. Sendok
  4. Piring
  5. Pisau tajam
  6. Alas kayu
  7. Bawang merah satu genggam/sekitar 5 buah
  8. Nasi secukupnya (menurut selera)
  9. Garam
  10. Cabai rawit/jepun
  11. Minyak sawit (penyaringan 2x)
  12. Telur ayam
  13. Sayuran (seledri, wortel, sawi, dll)
  14. Timun
  • Cara Memasak Nasi Goreng Enak
  1. Iris bawang merah dan cabai jepun tipis-tipis dan kumpulkan bersama di alas (landesan;jawa)
  2. Iris tipis-tipis sayuran yang Anda sukai dan kumpulkan dalam wadah 
  3. Aduk nasi Anda yang masih tersimpan dalam wadah (bakul nasi) agar gembur atau mudah diaduk, sehingga tidak menggumpal.
  4. Siapkan wajan dan taruh minyak sawit, lalu panaskan hingga minyak panas.
  5. Pertama Anda goreng telur ayam sendirian hingga setengah matang atau matang, tergantung selera Anda. Kemudian ambil wajan ke-2 atau bersihkan kembali wajan yang tadi digunakan untuk memasak selanjutnya dan gantilah minyak yang tadi digunakan untuk memasak telur dengan yang baru.
  6. Usahakan minyak yang ke-2 ini sedikit, karena untuk menghindari minyak berlebih pada nasi.
  7. Telur yang tadi sudah matang ditaruh di atas nasi goreng, dan bukan dimasak kembali dengan nasi di wajan.
  8. Setelah minyak sawit panas, gorenglah bawang merah yang telah di iris tipis-tipis tadi dengan terus mengaduk/mengacaknya dalam wajan agar bawang merah matang secara merata. Usahakan dengan api yang kecil, walapun akan matang dengan waktu yang lebih lama tapi tidak membuat bawang merah akan gosong. Disarankan untuk menggunakan kompor minyak tanah.
  9. Jika bawang merah sudah matang, lalu masukkan nasi putih diatasnya, dan aduk perlahan secara merata. Sesaat kemudian taruh juga sayuran yang Anda sukai dan cabai jepun dan aduk perlahan secara merata sambil bubuhkan garam dapur (beryodium) minimal satu sendok secara perlahan dan merata. 
  10. Jika Anda berniat menaruh bubuk penyedap, Anda tidak perlu menambahkan garam dapur. Karena kandungan bubuk penyedap 5x lebih jenuh kadar garam kimianya.
  11. Cicipilah nasi goreng Anda, jika kurang asin maka tambahkan garam beryodium sedikit lagi. 
  12. Usahakan tidak menambahkan kecap diatasnya, karena dapat merusak rasa asli dari nasi goreng khas resep keluarga saya ini. 
  13. Taruh nasi goreng di piring dan hidangkan bersama timun atau kerupuk putih. 
  14. Usahakan daun seledri tidak terlalu banyak, untuk mengimbangi aroma telur ceplok yang tadi sudah digoreng. Telur ceplok taruhlah di samping nasi goreng bersama dalam satu piring. 
  15. Nasi goreng enak, siap disantap.
Reactions:

0 comments:

Post a Comment