Saturday, March 31, 2012

Kenapa Harus Memakai E-KTP?


By on Saturday, March 31, 2012

Kenapa Harus Memakai E-KTP (Elektronik Kartu Tanda Penduduk)

Sumber gambar : E-KTP

     Kenapa Harus Memakai E-KTP (Elektronik Kartu Tanda Penduduk), padahal kita masih memiliki KTP lama yang masih berlaku hingga tiga tahun ke depan? Mengapa pemerintah melalui Menteri Dalam Negeri melakukan koversi dari KTP ke E-KTP, ada apa sebenarnya? Ayo kita pelajari bersama;
     EKTP adalah KTP jenis terbaru yang dapat digunakan di media elektronik dengan sistem informasi yang padu, melalui server pemerintah dan data chip yang ada didalamnya dapat diolah sesuai dengan ketetntuan yang berlaku. Isi chip tersebut adalah data dari pemilik e-KTP seperti sidik jari, kode retina mata, tanda tangan, postur wajah, dan informasi lain dari KTP lama seperti Nama, Golongan Darah, Alamat, Pekerjaan, Status Pernikahan, Agama, sehingga setiap data tersebut dari satu orang dengan orang lain akan mengalami perbedaan yang jelas dan tidak dapat menimbulkan kemungkinan adanya e-KTP ganda. E-KTP ini juga akan selamanya berlaku, sehingga tidak perlu di up-grade kecuali pemilik e-KTP telah meninggal dunia. 
     Selain fungsinya yang sangat kompleks, fungsi tersebut pun terdapat juga di SIM (Surat Izin Mengemudi), namun karena SIM hanya bisa dimiliki bagi mereka yang memiliki SIM maka tidak semua warga indonesia memilikinya.
     Indonesia yang pada tahun 2010 dinilai Amerika Serikat sebagai negara sarang teroris, dan telah banyak merugikan negara terkait aksi-aksinya yang membahayakan orang banyak dan telah menodai nama islam yang cinta perdamaian. Karena pengalaman itulah teroris sulit terlacak karena selalu menggunakan KTP palsu atau dengan kata lain mereka memiliki KTP ganda, sehingga dapat menipu masyarakat lewat KTP versi lama. Dengan e-KTP maka warga indonesia takkan bisa memiliki KTP ganda, karena kode retina mata dan kode sidik jarinya akan ganda di pengolahan sistem servernya sehingga akan mengakibatkan error dan tentu akan segera diketahui bahwa tindakan tersebut adalah upaya kejahatan. Itulah manfaat lain dari e-KTP, namun e-KTP membutuhkan biaya yang cukup besar dan sedikit boros karena mengingat KTP versi lama masih tetap berlaku.
     Indonesia memakai e-KTP karena meniru sistem kependudukan yang ada di Amerika Serikat. Alasan yang sama berlaku di Amerika Serikat juga, dimana tingkat kejahatan disana selalu meningkat sehingga dibutuhkan pendataan yang lebih ketat terkait masalah kependudukan disana. Sehingga dalam beberapa detik informasi setiap penduduk disana dapat dilihat, siapakah yang melakukan kejahatan yang terekam di video atau berkas sidik jati yang ditemukan di lokasi tempat kejadian perkara.
     Mudah-mudahan juga dengan e-KTP ini juga dapat digunakan dengan segala macam transaksi yang lainnya sehingga menjadi valid.

Santosa Innovation

*Kirimkan donasi untuk Santosa Innovation
*Layanan iklan, penayangan, permintaan dan kerjasama dengan Santosa Innovation

About Santosa Innovation

Faizan is a 22 year old young guy who is blessed with the art of Blogging,He love to Blog day in and day out,He is a Website Designer and a Certified Graphics Designer.

4 comments:

  1. hmm e-ktp efektif ngga ya kira-kira? we'll c :) salam kenal

    ReplyDelete
  2. Ya, mudah-mudahan akan efektif NF..salam kenal juga dari Cirebon :)

    ReplyDelete
  3. Semoga dampaknya benar benar kerasa dah E-KTP ini.

    ReplyDelete
  4. Andryan, yah mudah-mudahan seperti itu...

    ReplyDelete